Wednesday, November 25, 2009

Anggrek Tanah

Disebut Anggrek tanah karena anggrek ini hanya bisa hidup ditanah atau media buatan yang diletakkan ditanah, pada tempat terbuka.

Jenis-jenis Anggrek ini misalnya Vanda Teres, Arachnis, Aranda dan Aranthera.

A. Media Tumbuh
    Anggrek tanah dapat juga ditanam dalam pot, bak kayu panjang atau ditanah dengan dijaga 2 baris genting yang ditaruh berdiri, lebar bak atau genting kira-kira 30cm. Media tumbuh anggrek merupakan campuran dari :
  • tanah/serbuk gergaji
  • gambut/kompos daun lamtoro gung
  • pupuk kandang yang sudah lama, dan
  • pasir halus
dengan perbandingan 1:1:1:1.
Setelah campuran rata, media ini diisi ke wadah atau pada tanah antara 2 genting. Pada penggunaan pot dan bak bak kayu, sebelum diisi dengan media terlebih dahulu diberikan lapisan yang porous dari pecahan genting atau batu bata setebal 5-10cm tergantung dari wadahnya. Anggrek diletakkan dalam pot/bak kemudian diisi dengan campuran media tadi sampai penuh.




B. Cara Menanam
    Anggrek tanah yang monopodial ditempatkan ditengah-tengah bak, lalu diberi bumbu sebagai penopang. Anggrek kemudian dikaitkan dengan tali rafia pada penopang, jarak antar tanaman tergantung dari jenis, dengan pedoman daun dari 2 tanaman tidak saling menutupi, hanya bersinggungan saja.

0 comments:

CINTA ANGGREK

Penggemar anggrek tidak terbatas pada kalangan nursery. Banyak sekali pengemar rumahan juga ingin sekali mengetahui seluk beluk anggrek

CINTA ANGGREK

Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia yang bermula dari milis Anggrek - tempat berbagi pengalaman.

  © Blogger templates Brooklyn by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP